BPTJ Mengkaji Pembangunan Underpass atau Flyover di Perlintasan Stasiun Bojonggede Kabupaten Bogor



Kabogor.id - Pembangunan jalan di perlintasan sebidang Stasiun Bojonggede, mendesak dilakukan. Perlintasan sebidang jalan di antara Lapangan Siaga dan perumahan Villa Asia Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor memang menyebabkan kemacetan dan rawan kecelakaan. Oleh karena itu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), tengah mengkaji pembangunan jalan di perlintasan sebidang tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Bogor mengajukan permintaan kepada kami untuk membangun terowongan (underpass) atau jembatan (flyover), di perlintasan commuter line. Kami, tengah melakukan feasibilty study (studi kelayakan),” jelas Edi Nursalam selaku Direktur Prasarana BPTJ Kementerian Perhubungan, Senin 21 Juli 2019.

Studi kelayakan, lanjut Edi Nursalam, langsung dilakukan setelah melihat langsung fakta di sekitar stasiun KRL Bojonggede. Pertimbangan utama untuk kelancaran pembangunan jalan sebidang tersebut adalah kebutuhan lahan, arus lalu lintas, Amdal, resiko gempa dan banjir, juga prediksi besaran anggaran yang dibutuhkan. Setelah hasil studi kelayakan tersebut, baru bisa ditentukan apakah pembangunan underpass atau flyover yang akan dipilih.

“Setelah melihat kunjungan awal kemarin, memang sebidang jalan (perlintasan) pintu KRL Bojonggede  tepatnya di antara Lapangan Siaga dan Perumahan Villa Asia, termasuk prioritas pembangunan di wilayah Jabodetabek. Sebab, lokasi tersebut memang titik kemacetan lalu lintas serta memiliki tingkat kerawanan kecelakaan cukup tinggi,” ungkapnya.

Menurut Edi, untuk pembangunan fisik anggaran yang diperlukan sekitar Rp 50 – 100 milyar. “Kami berharap Pemerintah Kabupaten Bogor ikut membantu mulai dari pembebasan lahan serta penataan kawasan di sekitar lokasi yang akan dibangun,” jelasnya.

Sementara, Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, untuk pembebasan lahan,  pemerintah daerah Kabupaten Bogor memerlukan dana lebih dari Rp 10 milyar. “Oleh karena itu, Pemda Kabupaten Bogor masih menunggu  studi kelayakan, juga desain lengkap dari BPTJ. Sehingga kami tahu kepastian berapa kebutuhan lahan yang harus dibebaskan serta pendanaannya,” tutur Burhanudin. (Gusagus)

Posting Komentar untuk "BPTJ Mengkaji Pembangunan Underpass atau Flyover di Perlintasan Stasiun Bojonggede Kabupaten Bogor"