Sebagian Warga Bogor Sempat Panik, Ketika Merasakan Gempa Banten



Kabogor.id - Getaran gempa Bayah Provinsi Banten terasa hingga ke berbagai daerah sekitarnya, seperti kota/Kabupaten Bogor dan DKI Jakarta. Sejumlah warga di sekitar wilayah Bogor sempat panik merasakan adanya gempa bumi tersebut beberapa detik. Gempa bumi berkekuatan M 5,2 terjadi di Barat Daya Bayah 59, Provinsi Banten, Minggu (28/7/2019) sekitar pukul 21.25 WIB.

“Saya sedang duduk di pos ronda bersama teman-teman, tiba-tiba lantai bergoyang-goyang,” tutur Gatot, warga Kebon Pedes, Kota Bogor.

Saya langsung berteriak ada gempa, lanjut Gatot. “Ada gempa dan semua teman-teman bubar berlarian keluar dari Pos Ronda. Cuma beberapa detik aja, memang nggak lama. Sekarang pun masih terasa pusingnya akibat tanah yang bergoyang tadi,” jelasnya.

Hal senada juga dijelaskan oleh seorang karyawan yang bekerja di Bogor Trade Mall (BTM), Anita Wulandari. Ketika gempa terjadi, ia sedang melayani konsumen yang membeli produk dagangannya, seketika etalase produk yang berisi asesoris pakaian bergoyang-goyang.

“Ngeri juga kalo membayangkan kejadiannya, karena terasa banget goyangannya, meski Cuma beberapa detik aja. Saya masih pusing kepala ini,” jelas Wulan dengan wajah yang menyiratkan ketakutan.

Sedangkan menurut cerita warga di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, sejumlah warga yang sedang asyik menonton televisi sangat merasakan adanya getaran akibat gempa bumi Bayah Provinsi Banten itu.

“Pokoknya mah, kalo yang lagi melonjor tiduran di ubin pasti ngerasain goyangan tanah karena gempa itu. Saya sempat bertanya dalam hati ada apa ini? Setelah tahu ada gempa bumi, saya sama anak – istri lari keluar rumah,” tutur Syaiful.

Alhamdulillah, lanjut Syaiful, Cuma 2 detikan gempa itu. “Gak lama, Cuma 2 detikan, tapi berasa juga dan puyeng kepala saya karena goyangan tadi,” ungkapnya.

Getaran juga dirasakan oleh sebagian warga di DKI Jakarta. Namun, menurut warga di Kalibata mereka hanya merasakan getaran kecil yang tidak begitu lama.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi di 59 km Barat Daya Bayah Banten, dengan kedalaman 10 kilometer. Hingga kemarin belum ada informasi adanya jatuh korban jiwa akibat terdampak bencana gempa. (Gusagus).


Posting Komentar untuk "Sebagian Warga Bogor Sempat Panik, Ketika Merasakan Gempa Banten"