Pertumbuhan Ekonomi Dipengaruhi Pandemi?


Kabogor.id - Ekonomi Indonesia triwulan I - 2020 terhadap triwulan I - 2019 tumbuh sebesar 2,97 persen (y-on-y), melambat dibanding capaian triwulan I - 2019 yang sebesar 5,07 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Jasa Keuangan dan Asuransi sebesar 10,67 persen. (https://www.bps.go.id - 5/5/2020).

Sementara itu, kondisi perekonomian Indonesia diprediksi semakin menurun di kuartal II - 2020. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan ekonomi nasional akan negatif 3,8 persen pada kuartal kedua tahun ini. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara kunci pada acara Town Hall Meeting Kementerian Keuangan secara virtual (19/6/2020). 

Dia mengatakan merosotnya perekonomian Indonesia diakibatkan oleh kebijakan pembatasan sosial. Kemerosotan ekonomi tidak hanya dialami Indonesia, melainkan seluruh dunia. Bahkan ekonomi global diprediksi banyak lembaga internasional defisit hingga 7 persen (detikFinance).

Selain itu, Pandemi Covid-19 mempengaruhi proyeksi pertumbuhan ekonomi dan kondisi kesejahteraan masyarakat.  Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 diproyeksikan minus 0,4 persen sampai dengan 1 persen (merdeka.com).

Bercermin dari laporan di muka, maka Tim Ekonomi di kabinet harus bangkit dari berpikir ego sektoral menuju kebersamaan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju, berdaulat, dan mandiri.

Posting Komentar untuk "Pertumbuhan Ekonomi Dipengaruhi Pandemi?"