H. Mutahar (Bapak Pramuka Indonesia dan Pencipta Lagu Mars Hari Merdeka)



Kabogor.id - Senin, 17 Agustus 2020 adalah hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75.  Biasanya di tempat-tempat institusi formal dilakukan Upacara Penghormatan Bendera Merah Putih. Tak lupa juga diperdengarkan lagu-lagu perjuangan bangsa Indonesia. Salah satu lagu yang merupakan simbol peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah Mars Hari Merdeka.


Kita mungkin sudah cukup akrab mendengar syair lagu Mars Hari Merdeka berikut ini:

Tujuh belas Agustus tahun empat lima

Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka

Selama hayat masih di kandung badan

Kita tetap setia tetap setia

Mempertahankan Indonesia

Kita tetap setia tetap setia

Membela negara kita


Pencipta lagu Mars Hari Merdeka adalah Sayyid Muhammad Husein bin Salim bin Ahmad bin Salim bin Ahmad al-Mutahar atau yang lebih dikenal dengan nama H. Mutahar. Beliau lahir di Semarang pada 5 Agustus 1916.


H. Mutahar adalah tokoh negarawan dalam masa-masa awal kemerdekaan Indonesia. Namanya paling dikenal sebagai seorang komponis musik Indonesia, terutama untuk kategori lagu kebangsaan dan kepanduan.


Lagu ciptaannya yang populer adalah hymne Syukur (1945) dan mars Hari Merdeka (1946). Karya terakhirnya, Dirgahayu Indonesiaku, menjadi lagu resmi ulang tahun ke-50 Kemerdekaan Indonesia. Lagu kepanduan ciptaannya, antara lain "Gembira", "Tepuk Tangan Silang-silang", "Mari Tepuk", "Slamatlah", "Jangan Putus Asa", "Saat Berpisah", dan "Hymne Pramuka"


H. Mutahar memperoleh gelar kehormatan negara Bintang Mahaputera atas jasanya menyelamatkan Bendera Pusaka Merah Putih dan memiliki Bintang Gerilya atas jasanya ikut berperang gerilya pada tahun 1948-1949.


Selain banyak berjasa pada kemerdekaan Republik Indonesia, beliau juga merupakan salah seorang tokoh ulama Pandu Rakyat Indonesia, gerakan kepanduan independen yang berhaluan nasionalis. H. Mutahar meninggal di Jakarta, 9 Juni 2004 pada umur 87 tahun (Feby).

Posting Komentar untuk "H. Mutahar (Bapak Pramuka Indonesia dan Pencipta Lagu Mars Hari Merdeka)"